Mensyukuri Indonesia

gunung

Alhamdulillaah, kita diberikan anugerah oleh Allah SWT lahir dan dibesarkan di negeri nan indah, Indonesia. Negeri yang gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo. Negeri yang oleh Multatuli dalam bukunya, “Max Havelaar, of de Koffij-veilingen der nederlandsche Handelmaatschappij” disebut sebagai zamrud khatulistiwa. Negeri yang oleh Koes Plus dalam satu lagunya yang legendaris digambarkan sebagai:

Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman

Negeri yang oleh Syaikh Ali Thanthawi rahimahullaah – seorang ulama dan sastrawan dari Suriah – dideskripsikan dengan: “Bukan surga akhirat yang saya maksud… Bukan juga surga dunia Syam, bukan Libanon, juga bukan Swiss. Tetapi Surga dunia Jawa. Siapa yang melihatnya, sungguh dia akan tahu bahwa saya benar. Siapa yang belum melihatnya, penjelasan ini tidak mewakili penglihatan.

Saya di sana dua hari. Sekarang umur saya telah mencapai 50 tahun. Belum pernah saya melihat dalam hidup saya dua hari yang lebih menyenangkan darinya, paling indah di mataku dan bekas rasanya masih tinggal di dalam hatiku.

Dua hari saya arungi Pulau Jawa dari timur hingga ke barat dengan kereta. Dari Jakarta hingga Surabaya. Di jalan, saya belum pernah melihat juga belum mendengar, saya pun tidak menyangka akan bisa melihat dan mendengar, bahwa di dunia ini ada jalan yang lebih indah di bandingkan Jawa.”

Negeri yang oleh traveller ternama dari abad pertengahan, Ibnu Battutah diceritakan sebagai: “Hijau dan indah. Kebanyakan pohonnya adalah kelapa, bunga mawar, gaharu, mangga. Negeri yang hijau dengan kota pelabuhannya yang besar dan indah.”

Masya Allah… Betapa besar nikmat negeri yang Allah SWT berikan kepada kita. Sudahkan kita mensyukurinya?

Fais Al-Fatih
Cimahi, 18 April 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s