Panik

Oleh ust. Zulfi Akmal

Di zaman pemerintahan Louis XIV ada seorang tawanan politik yang dihukum “mati”. Ketika ia melalui malam terakhirnya tiba-tiba raja Louis masuk ke dalam penjara tempat ia ditahan. Dia sangat terkenal dengan taktik tipuan dan tindakan-tindakan yang aneh.

Louis XIV: “Malam ini adalah malam terakhir anda. Akan tetapi aku akan memberi anda kesempatan terakhir untuk membebaskan diri dari kematian.

Penjara ini mempunyai celah yang bebas dari penjagaan. Bila anda mampu menemukannya, anda akan bisa keluar dari penjara ini dan mampu membebaskan diri. Jika anda tidak bisa menemukannya anda akan mati di tangan algojo. Kesempatan anda ada beberapa jam lagi sebelum matahari terbit”.

Setelah menyampaikan hal itu Raja Louis segera meninggalkan penjara bersama pengawalnya. Mereka meninggalkan tawanan itu bagaikan orang gila, panik memeriksa setiap sudut dan tiang. Dia kalang kabut mencari jalan keluar yang dikatakan oleh Raja Louis.

Harapanpun muncul di hatinya ketika ia menemukan sebuah celah yang tertutup oleh tikar yang basah. Setelah ia buka ternyata ada lobang yang mengantarkannya ke sebuah tangga untuk turun ke ruangan yang ada di bawah.

Di sudut sebelahnya ia menemukan tangga yang digunakan untuk naik ke tempat yang lain. Dia mencoba untuk menaiki tangga itu. Dia terus naik hingga ia mulai merasakan adanya angin yang berhembus masuk dari luar. Kenyataan itu semakin menambah harapan di hatinya.

Akhirnya ia sampai di ujung tangga. Ternyata itu adalah tangga sebuah menara benteng yang sangat tinggi. Hampir-hampir ia tidak bisa melihat bumi karena ditutupi pekatnya malam.
Saat ia baru sadar kalau ia sudah salah jalan. Karena itu ia putuskan untuk kembali ke tempat semula, guna mencoba dari awal.

Dia mulai memeriksa setiap tiang dan dinding penjara. Dia memukul-mukul setiap dinding dengan tangannya.

Tiba-tiba ia merasakan salah satu dari batanya tidak lengket dengan kuat. Harapanpun kembali muncul.

Bata itu ia tarik keluar hingga muncul sebuah lobang yang sempit. Segera ia merayap dengan perutnya.

Harapannya pun membuncah. Dia hampir menghabiskan waktu sepertiga malam untuk itu. Namun sayang, di akhirnya ia menemukan sebuah celah yang bisa dimasuki cahaya rembulan, tapi tertutup dengan jeruji besi.

Dia kembali ke penjaranya dengan kegagalan. Dia periksa lagi kalau-kalau ada jalan keluar. Sesekali ia pukul-pukul lantai dengan tangannya, kemudian dinding, dan atap tidak ketinggalan.

Malam sudah berlalu, cahaya mataharipun sudah menyelinap lewat jendela. Dan ia temukan Raja Louis sudah berada di depan pintu, ia berkata: “Kenapa anda masih berada di sini?”

Tawanan itu berkata: “Aku kira tuan jujur kepadaku”.

Raja Louis: “Aku betul-betul jujur terhadap apa yang aku sampaikan”.

Tawanan: “Bagaimana mungkin, seluruh sudut penjara ini sudah aku periksa, satu persatu batanya sudah aku cek, tidak ada celah untuk keluar. Jadi di mana jalan keluar yang kalau memang tuan jujur?”

Raja Louis: “Pintu penjara ini sepanjang malam tidak terkunci, cuma sayang anda tidak punya pikiran sedikit pun untuk mendorongnya dengan jari-jari anda”.

Sebenarnya ada jalan yang sangat mudah, cuma ketika fikiran kalang-kabut pintu besar yang berada di depan mata kelihatan bagaikan benteng yang kokoh tidak tergoyangkan.

*************

Kita memang butuh kepada pemikiran yang kreatif dengan bentuk yang bervariasi. Tapi jangan sampai kita lalai untuk memperhatikan hal-hal sederhana yang ada di depan kita. Boleh jadi itulah jalan keluar untuk keselamatan dan kesuksesan kita.

Boleh jadi kadang-kadang kita melakukan sesuatu yang kita kira hal yang mustahil, padahal ketika kita coba ternyata sangat mudah.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s