Selamat hari Hutan Internasional, 21 Maret 2014

 

 

Selamat Hari Hutan Internasional

Aku lahir dan dibesarkan di sebuah kabupaten yg kurang dikenal penduduk Indonesia, terutama yg berada di Pulau Jawa, namun sangat terkenal di mata Internasional #cieee Setiap aku melontarkan kata Berau, banyak yg tak tau. Kalaupun tau, pasti mrk bilang Berau Coal ya..? Dimananya Samarinda? Banyak buaya ya di sana? Mereka akan tambah termangu saat aku menjelaskan dan memvisualisasikan perjalanan yang harus ditempuh dengan 2 kali pesawat untuk mencapainya (jika dari Jakarta). “Udah ada pesawat gitu? Gak naik rakit?” #hadeuh #akurapopo

Hutan di sana (dulu) masih sangat luas dan begitu indah, namun sejak negara api menyerang, mksdnya sejak pengusaha kelapa sawit dan perusahaan Batu bara “menduduki”-nya, plus Hak pengolahan Hutan diberikan kepada banyak perusahaan, hutannya mulai banyak berkurang. Bahkan ketika naik pesawat dari bandara Kalimarau, menuju Sepinggan, Balikpapan akan nampak beberapa kawasan yang nampak kuning dari atas, indikasi pepohonannya sudah dibabat habis. Berdasarkan hasil telaah Word Agro Forestry Center dan The Nature Conservancy (TNC) pada tahun 2009 saja atau selama periode 1990 sampai 2008 sekitar 39.000 hektar Hutan Berau mengalami kerusakan akibat deforestasi dan degradasi serta menghasilkan emisi karbon dioksida lebih dari 20 juta ton (detik.com). Fakta mencengangkan mengenai deforestasi dan degradasi hutan tersebut terjadi 5 tahun yang lalu, bagaimana dengan sekarang? Wallaahu a’lam..

Dari detik.com juga, dikatakan bahwasanya Kabupaten Berau, dengan luas wilayah 2,2 juta hektar, merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang memiliki luas tutupan hutan yang tinggi. Data terakhir menunjukan 88% dari luas wilayah Berau adalah hutan. Saat ini, peruntukan dari tutupan hutan seluas 1,94 juta hektar. Berau memiliki peran yang sangat penting dalam menahan laju emisi gas karbon di Indonesia, bahkan dunia.

Mudah2an, Indonesia, provinsi Kaltim dan Kab. Berau dianugerahkan pemimpin yang cinta lingkungan, dan rakyat Indonesia (termasuk aku) juga makin menyadari betapa pentingnya cinta pada lingkungan… agar anak cucuku nanti bs merasakan udara nan segar, bs menikmati hijaunya hutan yg indah dan bs melihat orangutan bertengger asyik di pohon-pohon.

Selamat hari Hutan Internasional, 21 Maret 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s