6 Pesawat yang Menghilang secara Misterius versi TIME

Menghilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 telah menarik perhatian kita dan jutaan penduduk dunia di belahan bumi lainnya. Pencarian terhadap pesawat berserta penumpang dan krunya masih dilakukan. Apa yang terjadi pada 239 penumpang dan kru pesawat ini setelah terbang meninggalkan Kuala Lumpur pada hari Sabtu kemarin? Pertanyaan yang belum bisa terjawab sampai detik ini juga.

Helikopter angkatan Laut AS, Sea Hawk MH-60R bersiap untuk mencari dan menyelamatkan korban hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 pada tanggal 9 Maret 2014 di teluk Thailand

Sangat jarang terjadi dalam penerbangan modern, sebuah pesawat menghilang dan lenyap tanpa jejak. Dalam sejarah penerbangan ada 6 misteri hilangnya pesawat yang masih meninggalkan banyak tanda tanya dalam benak para tim investigator dalam beberapa tahun.

  1. Air France 447: Pesawat Airbus A330 yang terbang dari Rio de Janeiro menuju Paris jatuh dan tenggelam di samudera Atlantik pada tahun 2009, menewaskan 228 penumpang dan krunya. Membutuhkan 5 hari penuh untuk bagi tim pencarian dan penyelamat untuk menemukan pesawat naas tersebut dan membutuhkan waktu selama 3 tahun bagi tim investigasi untuk mencari penyebab kecelakaan pesawat tersebut, yang ternyata adalah adanya “kristal es” yang menyebabkan sistem autopilot pesawat tidak bisa melakukan koneksi.

     

  2. Amelia Earhart: Dia adalah salah satu legenda penerbangan yang paling sering diceritakan dalam sejarah. Pilot wanita ini menghilang bersama pesawat dengan twin engine di samudera Pasifik pada tahun 1937 dalam perjalanan mengelilingi dunia. Tak ada jejak ataupun bekas yang tersisa dari pesawat ini setelah dilakukan pencarian yang menghabiskan dana sebesar jutaan dolar. Earhart dinyatakan meninggal pada tahun 1939.

     


     

  3. Tiger Line 739: pesawat militer AS terbang meninggalkan Guam pada tahun 1962 dengan 90 personel menuju Filipina, dan tak pernah mendarat sama sekali. Sang pilot tak pernah melakukan panggilan darutat, dan dibutuhkan sekitar 1.300 orang untuk mencari pesawat yang menghilang tanpa jejak ini dan hasilnya nihil. Kapal tanker Liberia mernah mengklaim melihat adanya cahaya yang berkilauan di langit di waktu yang bersamaan dengan terbangnya pesawat tersebut.

     


     

  4. British South American Airways: membutuhkan lebih dari setengah abad untuk menemukan sisa-sisa pesawat British South American Airways yang dinyatakan hilang di pegunungan Andes pada tahun 1947. Pendaki dari Argentina menemukan rongsokan mesin pesawat tersebut di pegunungan Andes pada tahun 1998. Ekspedisi tentara yang kemudian dilakukan menemukan sisa-sisa mayat para korban. Beberapa pihak mengatakan bahwa pesawat yang mengalami kecelakaan tersebut terutup oleh salju yang longsor, sehingga sulut ditemukan.

     


     

  5. Segitiga Bermuda: serentetan kasus menghilangnya pesawat dan kapal terjadi di “Devil’s Triangle” tersebut, sebuah tempat yang berada di antara Florida, Puerto Rico dan Bermuda. Dua pesawat jet British South American Airways dengan 51 penumpang dan kru menghilang di kawasan tersebut pada tahun 1948 dan 1949, dan tak pernah ditemukan hingga saat ini. Pesawat yang membawa 13 kru yang digunakan untuk mencari kedua pesawat tersebut pun ikut lenyap!

     


     

  6. Uruguayan Air Force 571: Sebuah penerbangan menuju Santiago, Chili, yang membawa 45 penumpang dan kru mengalami kecelakaan dan jatuh di pegunungan Andes pada tahun 1972 akibat cuaca buruk. Kecelakaan ini menewaskan 12 orang di antaranya. Pihak otoritas tidak menyadari ada penumpang yang selamat setelah 72 hari, 2 bulan lebih! Pada masa itu, 8 di antaranya tak mampu bertahan dan meninggal. 16 orang sisanya bertahan dengan cara memakan mereka yang telah meninggal untuk bertahan hidup, sebelum akhirnya ditemukan 2 bulan kemudian setelah dinyatakan menghilang.

     


     

    Sumber: Time

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s