Kuliah Pengantar Strategi dan Kebijakan

Strategic Management adalah sekumpulan keputusan dan aksi manajerial untuk menentukan performansi jangka panjang dari sebuah perusahaan. Termasuk dalam strategic management ini adalah:

  • Melihat, mengidentifikasikan lingkungan internal maupun external (scanning)
  • Merumuskan strategi
  • Mengimplementasikan strategi
  • Evaluasi dan kontrol

Manfaat utama dari strategic management adalah:

  • Memiliki cara pandang yang jelas dan strategis tentang masa depan perusahaan
  • Fokus pada hal penting apa yang telah distrategikan
  • Mengerti perubahan lingkungan yang berpengaruh pada perusahaan

Manfaat lainnya dari strategic management adalah:

  • Meningkatkan kinerja organisasi
  • Mencapai kesesuaian antara lingkungan organisasi dengan strategi, struktur dan proses
  • Agar kita bisa berperan pada lingkungan yang tidak stabil sekali pun
  • Mampu berpikir secara strategis
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran organisasional

Organisasi bisa mengorbankan banyak uang, produktivitas dan competitive advantage jika tidak mengimplementasikan strategi IT secara efektif. Eksekutif harus melakukan cara terbaik dalam:

  • Mengarahkan agar pemanfaatan IT bisa memberikan kemanfaatan yang optimal
  • Mengukur value apa saja yang bisa diberikan IT untuk organisasi
  • Mengelola resiko terkait pemanfaatan IT

Apa yang ingin kita capai dengan adanya pemanfaatan IT?

IT DOESN’T MATTER

  • Pada tahun 1968, Ted Hoff – engineer Intel menemukan teknologi chip silikon terbaru.
  • Teknologi telah menjadi tulang punggung untuk keunggulan operasional, secara elektronik menghubungkan data secara internal maupun eksternal.
  • IT telah dipandang sebagai sumberdaya yang kritis melihat fakta, tingginya pengeluaran untuk belanja IT meningkat dari sekitar 5% pada tahun 1965 menjadi 50% di akhir 1990-an.
  • Saat ini, CEO terkadang membincangkan mengenai strategic value dari IT dan telah menempatkan posisi senior CIO di banyak organisasi.
  • Perkembangan IT yang begitu pesat telah mengurangi strategic value dari IT itu sendiri.
  • Premis dari artikel tersebut adalah bahwasanya IT telah menjadi komoditas dimana pihak manajemen harus fokus pada manajemen resiko sebagai pengganti tujuan pencapaian competitive advantages.

Teknologi sebagai Competitive advantage

  • Proprietary Technology – teknologi yang bisa dimiliki secara aktual maupun efektif oleh satu perusahaan. Contoh paten pada perusahaan Farmasi
  • Infrastructural Technology – teknologi yang tak bisa diproteksi dan berkebalikan dengan proprietary technology, teknologi ini akan bernilai ekonomis jika dibagikan dengan perusahaan/pihak lain. Contoh rel kereta api
  • dan IT dipertimbangkan sebagai infrastructural technology

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s