Strategic Management (Catatan Kuliah II – Strategi dan Kebijakan)

Gambar 1. Strategic Management Maturity Model

Phase 1:

  • Memenuhi kebutuhan anggaran (financial planning)

Phase 2:

  • Mulai melihat adanya trend teknologi di masyarakat
  • Perencanaan berdasarkan perkiraan
  • Pembuatan anggaran multiyears
  • Melakukan gap analysis
  • Pengalokasian sumberdaya secara statis
  • Masih fokus pada internal saja

Phase 3:

  • Sudah mulai berpikir strategis
  • Analisis situasional baik internal maupun eksternal
  • Membuat penilaian kompetitif
  • Evaluasi terhadap pilihan strategis
  • Sumberdaya dialokasikan secara dinamis

Phase 4:

  • Ada framework manajemen strategis
  • Kemampuan melihat secara utuh telah dikembangkan
  • Value dan proses semakin ditingkatkan
  • Inovasi didasarkan pada knowledge dan kompetisi

Strategi adalah Sekumpulan tindakan yang ditujukan untuk meningkatkan kejahteraan dan kekuatan enterprise relatif kepada kompetitor yang ada.

Strategic Processes

  • Strategic thinking

    Pandangan creative entrepreneurial terhadap bagaimana enterprise bisa berkembang

  • Strategic planning

    Analisis secara sistematis dan komprehensif

  • Opportunistic decision making

    Reaksi efektif terhadap ancaman dan peluang yang tak terduga

Faktor dalam Manajemen Strategis

  • Lingkungan eksternal
  • Pressure group dan stakeholder

    Pressure group adalah pihak-pihak yang membutuhkan pengakuan dan mengharapkan manajemen bertindak sesuatu, contohnya: Media, shareholder, pesaing, pemerintah, supplier

  • Internal business strategizing & planning

Gambar 2. Strategic Framework

Elemen-elemen dasar pada Manajemen strategi:

  1. Kemampuan melihat lingkungan / environmental scanning (sumberdaya, lingkungan sosial, lingkungan industri, struktur organisasi, climate). Melihat secara as is, where are we now.

    Environmental scanning adalah melakukan monitoring, evaluasi dan penyebaran informasi dari lingkungan internal dan eksternal kepada orang-orang tertentu dalam organisasi.

Gambar 3. Environmental Scanning

  1. Rumusan strategis (strategy formulation)

    Yaitu pengembangan rencana jangka panjang untuk manajemen peluang dan ancaman dari lingkungan dengan mempertimbangkan strength dan weakness (SWOT)

Gambar 4. Hierarchy of Strategy

Gambar 5. Relationship between Business, IS and IT Strategies

  1. Implementasi strategis, merupakan proses dimana strategi dan kebijakan dilaksanakan melalui program, budget dan prosedur

    Penilaian hasil implementasi strategis: penilaian terhadap goals (goal indicator) dan penilaian terhadap proses (performance indicator)

  2. Evaluasi dan kontrol, terhadap performance dan feedback/learning process

Gambar 6. Basic Model of Strategic Management

Gambar 7. Strategic Management Model

Inisiasi dari Strategi: Triggering events

Strategi bisa berubah dikarenakan oleh:

  • Pergantian CEO
  • Intervensi dari eksternal
  • Ancaman berupa perubahan kepemilikan
  • Performance gap (kinerjanya tidak baik)
  • Strategic inflection point

Strategic decision making fokus pada masa depan jangka panjang dari organisasi

Karakteristiknya berupa: rare, consequential, directive

Modus Pengambilan Keputusan Strategis menurut Mintzberg: entrepreneurial, adaptive, planning, logical incrementalism (Quinn)

Proses Pengambilan Keputusan Strategis:

  1. Mengevaluasi hasil kinerja saat ini
  2. Me-review corporate gobernance
  3. Melihat (scan) dan menilai lingkungan eksternal
  4. Melihat (scan) dan menilai lingkungan internal korporasi
  5. Melakukan analisis SWOT terhadap faktor strategis
  6. Men-generate, mengevaluasi dan memilih strategi alternatif yang terbaik
  7. Mengimplementasikan strategi yang telah dipilih
  8. Mengevaluasi strategi yang telah diimplementasikan

Strategic audit: pemeriksaan oleh pihak-pihak tertentu bahwa apa yang dilakukan oleh perusahaan telah sesuai dengan peraturan yang ada

Advertisements