7 cara ampuh menguasai keterampilan membaca dalam bahasa Inggris (reading skill)

Kami yakin semua orang pasti suka membaca. Karena pada dasarnya tiap manusia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kita membaca untuk mendapatkan informasi, mengetahui sesuatu. Hanya permasalahannya, bagaimana jika bacaan yang kita baca dalam bahasa yang tidak kita pahami (= bahasa Inggris)? Kira-kira apakah kita akan masih suka? Simak tips di bawah ini…

  1. #Tips 1. Seperti halnya listening bagi speaking, reading adalah bagian penting dari writing. Reading merupakan input penting untuk bisa menulis (writing) dengan baik. Sama dengan listening, reading juga termasuk dalam receptive skill (masih ingat topik sebelumnya di sini?). Dengan reading kita juga melatih: perbendaharaan kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar).
  2. #Tips 2. Banyak orang menjadi malas membaca karena belum apa-apa yang ada di pikirannya: buku berlembar-lembar dan kata-kata yang tidak familiar dan sulit. Ada banyak cara mengatasi hal ini. Salah satunya: pilih media atau sumber bacaan yang Anda suka (buku, majalah, website, ebook, etc.).
  3. #Tips 3. Cara ke dua: pilih topik bacaan yang memang menjadi minat Anda. Misal Anda suka traveling, ya jangan memaksa baca tentang astronomi.
  4. #Tips 4. Kecuali Anda hobi sekali membaca (baca: kutu buku) dan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sudah mumpuni (advanced) terkadang sulit untuk mulai membaca buku. Tidak usah kuatir. Ada apa yang disebut ‘graded reader‘: buku yang dibuat berlevel dan Anda dapat membaca sesuai dengan level bahasa Inggris Anda. ”Ih tapi malu, masa baca buku anak-anak (= graded reader)?” Lo, mau gengsi apa mau belajar? Baca lebih lanjut tentang graded reader di Wikipedia: Graded reader.
  5. #Tips 5. Jika biasanya kita masih suka atau sering membaca dalam bahasa Indonesia, coba perlahan-lahan porsi bacaan dalam bahasa Inggris diperbanyak.
  6. #Tips 6. Lagi dan lagi kami tekankan, sama seperti listening dan speaking, untuk menguasai reading skill Anda juga harus baca SESERING MUNGKIN.
  7. #Tips 7. Satu tambahan lagi: kadang Anda tidak harus meluangkan waktu khusus untuk membaca, seperti pada saat Anda membaca buku tebal, suasananya tenang di malam hari, dsb. Tapi bisa juga Anda membaca di sela-sela kegiatan, seperti sewaktu sedang online lalu menemukan berita yang menarik, ketika menemukan majalah di ruang tunggu, dsb. Jadi… dengan begitu artinya Anda otomatis melakukan tips ke 6: BACA SESERING MUNGKIN. Di mana pun, kapan pun, apa pun.

Semoga tips ini bermanfaat. Jangan lupa praktekkan ya… Punya tips ampuh lain untuk menguasai reading skill? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini. Good luck!

Sumber: click here

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s